Slider

PEMASANGAN IKLAN ON AIR - OFF AIR - WEB - MEDIA SOSIAL HUBUNGI : 0231 - 207 994 MARKETING : (Agung) 085 222 191 113

GALERI

News

MUSIK FILM

SELEBRITIS

TIPS

BUDAYA WISATA

Event

Pernikahan Adat Budaya Cirebon

Busana pengantin Cirebon ada dua macam, yang berwarna hijau kombinasi ungu dengan model kemben dan dilengkapi teratai yang sewarna dengan kemben pada bahu dan dadanya, disebut pakaian pengantin corak kebesaran. Sedangkan yang model kebaya dan jas dari beludru hitam atau hijau disebut busana pengantin bercorak kepangeranan.

Sejak setelah tahun 1985, busana pengantin yang lazim digunakan oleh dua keraton Cirebon yakni Kasepuhan dan Kanoman ditetapkan sebagai busana pengantin Cirebon maka busana pengantin kedua keraton tersebut kini resmi sebagai busana adat pengantin Cirebon. Karena berasal dari dua keraton maka busana pengantin Cirebon pun terbagi menjadi dua macam yakni busana pengantin kepangeranan yang berasal dari keraton Kasepuhan dan busana pengantin kebesaran yang berasal dari keraton Kanoman. Tapi, karena kedua keraton tersebut yang memang pada awalnya merupakan keraton yang sama maka tak heran kiranya jika kemudian aksesoris yang dipakai dalam busana pengantin kedua keraton itu memiliki kesamaan satu sama lain, pun begitu dengan makna-makna dari simbol yang terkandung di dalamnya.

1. Busana Pengantin Wanita

Busana yang dikenakan oleh pengantin wanita untuk menutup bagian atas tubuhnya digunakan kemben hijau yang berhiaskan manik-manik warna keemasan, dan untuk menutup bagian bawah sendiri digunakan kain berlancar dan dodot Cirebonan dengan warna dasar violet muda yang diberi motif dengan bentuk besar-besar di setiap pojokannya. Sedangkan untuk bagian dada hingga ke leher digunakan tratean, yaitu sebuah kain yang berbentuk melingkar yang fungsinya untuk menutup bagian dada, bahu hingga ke belikat. Untuk warna, motif dan bahan yang digunakan untuk teratean ini disesuaikan dengan motif, warna dan bahan yang digunakan untuk kemben agar terlihat senada dan tak terkesan tumpang tindih. Makna yang terkandung dalam teratean ini sendiri adalah berasal dari kata teratai yaitu sejenis bunga yang tumbuh di air dan Lumpur tapi memiliki bunga yang sedemikian indah. Jadi dengan kata lain, makna dari teratean ini adalah bahwa pengantin wanita ini ibarat bunga teratai yang sedang mekar, dan tak penting lagi seperti apa asal-usulnya, dari mana ia berasal, dan sebagainya.

Untuk aksesoris yang dipakai pengantin wanita sendiri adalah antara lain mahkota suri berhias permata asem jarot yang dikenakan di kepala yang telah bersanggul. Makna dan simbol yang terkandung dalam mahkota yang terpasang di kepala ini sendiri adalah bahwa mulai hari itu sang mempelai wanita merupakan seorang ratu, baik saat ini selaku pengantin maupun hingga nanti sebagai ratu bagi suami dan rumah tangganya. Disamping itu, dengan memakai mahkota seperti ratu itu di harapkan nantinya dalam mengarungi rumah tangga sang perempuan bersikap layaknya ratu yang tiap laku lampahnya menyorotkan sinar keagungan, menjaga kehormatan suaminya, dan sebagainya. 

Kemudian aksesoris lain yang dipakai oleh pengantin perempuan adalah untaian bunga melati yang menjuntai dari pelipis hingga ke dada, giwang yang dkenakan di telinga kiri dan kanan, cincin yang dikenakan di kedua jari manis, kalung tiga susun yang seolah-olah tertempel pada teratean untuk menghiasi leher dan dada, kelat bahu berbentuk naga yang dikenakan di bagian lengan dekat bahu yang bermakna bahwa sang pengantin telah siap secara fisik maupun mental untuk mengarungi bahtera rumah tangga, gelang kono yang dipakai di kedua pergelangan tangan yang dari bentuknya yang membulat memiliki makna atau simbol dari kebulatan tekad , sabuk yang melingkar di pinggang yang terbuat dari emas atau logam lain yang disepuh dengan warna keemasan dan yang terakhir adalah selop berhias manik-manik yang motif dan warnanya disesuaikan dengan warna kemben dan teratean pada bagian dada.

Jika kita amati, busana pengantin dan aksesoris yang dipakai oleh mempelai wanita ini didominasi oleh kedua jenis warna yakni hijau dan kuning. Ini jelas bukan sekedar warna tanpa makna. Warna hijau dalam tradisi Islam merupakan manifestasi dari kata Rahmaan dan kuning sendiri adalah simbol warna untuk kata rahiim. Jadi kedua warna tadi yaitu hijau dan kuning merupakan simbol dari kalimat basmalah yang memang merupakan kalimat yang selalu diucapkan umat Islam setiap akan melakukan sesuatu. Basmalah adalah gerbang dari segala perbuatan kedepan yang akan dilakukan. Untuk itu, dengan hijau dan kuning yang berarti mengucap basmalah, mengingatkan kepada sang pengantin bahwa perkawinan ini haruslah diawali dengan niat baik demi untuk menggapai ridho Allah.

2. Busana Pengantin Pria

Pada bagian kepala pengantin pria dikenakan sebuah mahkota yang berbentuk bundar dan menyempit keatas dengan tinggi sekitar 25 cm dan terbuat dari bahan beludru berwarna hijau yang dilapisi dengan emas dan permata di sekeliling lingkarannya. Makna simbolik dari mahkota yang disebut sebagai mahkota Prabu Kresna ini adalah bahwa dengan memakai mahkota ini diharapkan nantinya sang pengantin pria kelak ketika memimpin rumah tangganya memiliki kcakapan seperti halnya prabu Kresna yang dikenal sangat adil, bijaksana, dan tangguh dalam melindungi keluarganya.

Untuk bagian atas tubuh pengantin pria dikenakan baju oblong berwarna putih atau gading. Baju ini berlengan pendek. Kemudian untuk menutupi bagian dada seperti hanya pada pengantin perempuan, dikenakanlah teratean dengan motif dan warna yang sama persis dengan yang dikenakan oleh pengantin perempuan yang memiliki makna bahwa keduanya memang telah sehati dan seuyunan dalam memutuskan menjadi suami istri. Satu-satunya yang membedakan teratean yang dikenakan oleh pengantin pria dengan pengantin perempuan ini hanyalah pada maalah bentuk saja, disesuaikan dengan lambang yoni dan lingga.

Untuk bagian bawah, pengantin pria mengenakan celana tiga perempat yang jatuh beberapa centi dibawah lutut. Celana yang pada bagian bawahnya terdapat sulaman benang emas ini terbuat dari beludru yang berwarna senada dengan baju yang dikenakan. Pengantin pria juga memakai kain dodot khas Cirebon dipinggangnya. Lalu di atas dodot batik itu dililitkan satu helai stagen cinde dan diperkuat dengan kamus epek timang yang juga terbuat dari beludru. 

Tak ketinggalan juga, selendang dan satu boro kewer yang menghiasi kedua pahanya dibagian depan agak menyamping. Dan yang terakhir adalah keris yang dikenakan di bagian pinggang dengan hiasan ombyok dari bunga mawar disela-sela gagangnya. Makna dari keris ini sendiri adalah untuk mengingatkan kepada mempelai pria bahwa dia harus melindungi keluarganya dari bahaya yang datang dari luar. Menjaga keselamatan keluarga merupakan kehormatan terbesar bagi laki-laki.

Untuk aksesoris lain yang dipakai hampir sama seperti yang dipakai oleh mempelai perempuan yakni cincin, kalung, kelat bahu berbentuk naga, gelang kono, dan sebagainya.(CR)

Jessica Iskandar Nangis Dilarang Jenguk Olga, Kartika Putri: You're Not Alone

Jessica Iskandar sempat mengunjungi rumah sakit tempat Olga Syahputra dirawat di Singapura bersama si kecil El Barack setelah melahirkan di Amerika Serikat. Ia sangat ingin Olga melihat buah hatinya itu.

Namun sayang, Jessica tidak dapat bertemu dengan sahabatnya itu. Hal tersebut disampaikan Kartika Putri saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (29/3/2015).

"Jessica waktu itu baru pulang dari Amerika sambil bawa anaknya usia empat bulan. Sama sekali tidak (bisa bertemu Olga). Kita pengen lihat dari kaca aja nggak bisa," kata Kartika mengungkapkan kekecewaannya.

"Dia (Jessica) nangis, tapi aku bilang ke dia, aku rasa bukan cuma kita yang alamin kayak gitu. Temen-temen artis yang lain kayak Raffi, Luna Maya, Ayu Dewi juga nggak bisa ketemu Olga. Saya bilang ke Jessica 'You're not alone'," sambungnya.

Tak hanya itu, saat Kartika, Jessica dan Erick Iskandar mencoba menjenguk Olga di Singapura, mereka pun tak dapat bertemu dengan Mak Vera, manajer Olga dengan alasan sakit maag.

"Olga itu selalu tanyain siapa aja temennya yang belum jenguk. Sekarang kita tahu Olga udah nggak ada, kita harus ikhlaskan. kita nggak mau hal ini menjadi beban keluarga. Karena yang kita pikirin sekarang hanya kondisi keluarganya Olga aja," pungkas Kartika.( Di Kutip Saking detikHot )

Vanessa Angel dan Didi Mahardika Makin Mesra, Jane Shalimar Cerita Pacar Baru

Kemesraan Vanessa Angel dan Didi Mahardika belakangan memang kerap terlihat di beberapa kesempatan. Jane Shalimar sebagi mantan kekasih Didi Mahardika, justru sama sekali tak menghiraukan hal tersebut. Ibu satu anak tersebut jutsru kini lebih sering membicarakan mengenai kekasih barunya ketimbang masa lalunya. 

"Aku sudah punya pacar sekarang. Dia orangnya sangat sibuk tapi kita terus berkomunikasi lewat telepon. Dia orangnya beda banget sama yang dulu, orangnya santai dan empat tahun lebih tua dari aku," cerita Jane saat ditemui di kawasan Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (24/3/2015) malam. 

Jane juga menambahkan bila status kekasih barunya itu berstatus sebagai duda. Namun ternyata hal itu sama sekali tak menjadi masalah bagi Jane. 


"Dia duda juga, dia senang aku apa adanya. Kata dia, kalau aku make up nanti dilihatin banyak orang. Gengsinya tinggi benar, kalau cemburu ungkapinnya dengan cara lain. Dia orang benar-benar bukan latar belakang seleb atau politisi. Kita jadiannya sudah delapan bulan lalu," kata Jane lagi. 

Jane pun kini sudah tidak lagi memperdulikan kemesraan Didi dan Vanessa. Baginya itu adalah masa lalu Jane yang harus dilupakan. 

"Salah banget deh kalau menyangkutpautkan aku dengan mereka. Kalau mereka mau jadi bahan pemberitaan ya cari pekerjaan yang bisa dijadikan berita dong masa mesti ada aku juga di situ, lucu saja," tutup Jane. ( Di Kutip Saking detikHot )

Xensasi Akik,XL Center Pemuda Cirebon

Kota Cirebon ( 89,2 CR )XL Center Cirebon di jalan pemuda siang tadi menggelar Xensasi akik dan bazaar batu akik untuk para pelanggan setia XL. Bazar ini di ikuti pedagang batu akik di wilayah kota dan Kabupaten Cirebon.

Koi Handrika selaku kordinator XL axiata mengatakan, kegiatan xensasi akik ini tercetus dari sedang ngetrannya masyarakat menggunakan batu akik. Memanfaatkan ketenaran batu akik akhirnya XL mengadakan Xensasi akik di halaman XL Center.

“ Di Xensasi Akik ini para pengunjung akan melihat berbagai jenis batu akik dari berbagai model danbetuk, selain itu jika membeli paket internet seharga Rp 50.000, -dapat bonus batu akik asal Kalimantan “ tegasnya 28/03/2015

Di jelaskan Koi,  XL Axiata sering mengadakan kegiatan – kegiatan yang sesuai dengan trend saat ini. (Walik – CR ) 

Cara Membedakan Akik Asli dan Palsu

Kota Cirebon ( 89,2CR ) Batu akik semakin hari semakin fenomenal , semua pengguna batu akik bukan hanya di kalangan orang tua, kini batu akik di gunakan di semua kalangan. Harga batu akik bermacam macam dari yang nilainya  ratusan ribu bahkan milyaran rupiah. Untuk menghindari penipuan batu akik, para penggemar batu akik harus berhati – hati

Banyak yang sudah tertipu dengan kehindahan batu akik. pedagang batu akik Anto asal Arjawinangun Kabupaten Cirebon menjelaskan, cara membedakan antara batu akik asli dengan palsu sangatlah muda. Caranya dengan menggunakan senter, dengan ini akan terlihat serat didalam batu akik dengan jelas. Kemudian menggunakan mikroskop kecil, tujuannya untuk meyakinkan jika batu itu benar – benar asli.

“ coba di di soroti center di tengahnya, kalau berserat berarti asli, kalau kurang yakin coba pakai mokroskop kecil, nanti akan terlihat serat – serat lembut di dalam batu akik “ ungkapnya 28/03/2015.

Lebih lanjut Anto menjelaskan, jika ingin membeli batu akik usahakan dalam kondisi bongkahan, sehingga yakin bahwa batu akik ini benar – benar asli. Selanjutnya coba menghubungi orang yang dipercaya mengetahui batu akik hal ini bertujuan agar yakin dengan ke aslian batu yang dibeli dengan nilai yang ratusan bahkan milyaran. ( Walik - 892 CR) 

Tips Memilih Model Baju Musim Dingin Korea

Berbagai Model Baju musim dingin Korea bisa menjadi inspirasi bagi remaja Indonesia bila ingin selalu tampil modis dan fashionable saat musim penghujan tiba. Meskipun Korea dan Indonesia memiliki perbedaan musim yang mencolok, tak ada salahnya bila anda berdandan ala Korea saat suasana dingin sedang melanda. Musim hujan identik dengan cuaca mendung dan hawa dingin sehingga anda perlu benar-benar memilih jenis baju yang tepat supaya tidak terkena flu dan masuk angin.

Berikut ini adalah beberapa jenis baju musim dingin Korea yang bisa anda pakai saat musim penghujan tiba:

Hoodie Jaket Korea : Hooide jaket Korea memang cukup populer tidak hanya di kalangan wanita namun juga para pria. Jaket ini cukup fleksibel sebab anda bisa mengenakannya saat cuaca sedang panas maupun dingin. Ambil saja warna netral bila tidak mau ribet saat mengkombinasikannya dengan busana lain. Saat hujan turun tiba-tiba dan anda lupa membawa payung, kenakan tutup kepala yang ada pada jaket sehingga anda bisa terlindung dari hujan.

Jaket Korea Panjang : Banyak orang belum berani memakai trench coat saat musim dingin meskipun jaket ini adalah salah satu fashion item Korea yang sangat keren. Jaket panjang ini bisa melindungi tubuh anda sepenuhnya dari hawa dingin sehingga anda selalu merasa hangat. Baju musim dingin Korea ini biasanya memiliki belt pada pinggang dan dibuat berkancing sehingga bagian dalam tidak terlihat. Pilih warna netral bila anda tak ingin terlalu menarik perhatian.

Boots : Saatnya anda mengeluarkan sepatu boots untuk menyambut musim penghujan kali ini. Anda bisa berjalan dengan cantiknya karena sepatu boots saat ini memiliki beragam desain. Ada yang dibuat seukuran betis, pergelangan kaki hingga lutut. Sepatu boots dengan sol karet dan kulit cocok untuk musim penghujan sedangkan yang terbuat dari suede, velvet dan canvas cocok untuk musim panas.

Tights : Tights adalah baju musim dingin Korea yang berbeda dengan stocking.  Tights dibuat dari bahan yang lebih tebal dan bisa digunakan untuk menutupi bagian kaki. Padukan tight warna hitam dengan rok pendek sehingga penampilan anda tetap seksi meskipun tertutup.

Syal Korea : Untuk melengkapi tampilan baju musim dingin Korea, jangan lupa untuk mengenakan syal Korea. Anda bisa menghangatkan leher saat berpergian keluar rumah. Aksesoris yang ini juga bisa membuat tampilan makin gaya sebab anda bisa memilih syal dalam beragam motif, warna dan model. Untuk  remaja yang ingin terlihat girly, ambil syal warna-warni sehingga terlihat cerah. Bila ingin padu padan yang mudah, syal warna netral seperti hitam, coklat, biru tua, putih dan krem bisa dijadikan pilihan.(sumber:fashionpw.com)

Manajer Pastikan Olga Syahputra Meninggal Dunia

Komedian Olga Syahputra meninggal dunia pada sore ini, Jumat (27/3/2015). Sang manajer, Mak Vera memastikan kabar Olga tutup usia.

"Innalillahi wa inalillahi rojiun telah berpulang kesayangan mak olga syahputra di jam 5.17 sore di hari jumat. minta doa buat kesayangan mak," tulis Mak Vera lewat pesan berantai via BlackBerry Messenger.

Kabar ini ramai sejak sore hari tadi. Olga meninggal di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura dalam usia 32 tahun.

Olga diketahui hampir setahun menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Komedian itu selama ini diketahui menderita penyakit meningitis.( Di Kutip Saking detikHot )

HIS Band

Talk Show HIS Band 27/03/2015

Lagi, Unjuk Rasa Bikin Macet

Kota Cirebon ( 89,2 CR ) Kembali unjuk rasa mahasiswa membuat tidak nyaman para pengguna jalan, kini aksi unjuk rasa mahasiswa siang tadi di perempatan gunung sari membuat kemacetan panjang .

Dari pantauan reporter Cirebon radio, unjuk rasa mahasiswa sekitar puluhan orang ini mengakibatkan antrian kendaraan di lampu merah gunung sari. Para mahasiswa yang menggelar aksi di perempatan jalan membauat arus lalu lintas teganggu. Pihak kepolisian dari Polres Cirebon Kota di kerahkan untuk menghindari kemacetan yang terjadi, pihak kepolisian terpaksa membuat rekayasa lalu lintas agar tidak ada antrian panjang di ruas jalan gunung sari. 27/03/2015

para mahasiswa juga sempat melakukan aksi berjalan melawan laju kendaraan, namun pihak kepolisian mencegah para mahasiswa tersebut , sempat tegang antara mahasiswa dan kepolisian , kembali reda setelelah para mahasiswa membubarkan diri satu persatu ( Walik – CR ) 

1 April Tarif Ekonomi Naik Lagi

Kota Cirebon ( 89,2 CR ) Setelah pada bulan maret tarif kereta api ekonomi di subsidi, pada awal april tarif kereta api kembali mengalami kenaikan. kenaikan disebabkan oleh fuluktuatifnya harga BBM saat ini dan perubahan pedoman perhitungan tarif sesuai peraturan mentri perhubungan .27/03/2015

 informasi dari siaran perss KAI Daop III Cirebon , kenaikan tarif kereta api mencapai 100 %, padahal saat di subsidi tarifnya Rp 25.000,- kini menjadi Rp 50.000,- selain 2 hal tersebut kenaikan tarif kereta api disebabkan oleh kebutuhan suku cadang dan perawatan secara berkala demi kelancaran dan keselamatan penumpang.
Berikut tarif kereta api yang mengalami kenaikan di stasiun Parujakan Kota Cirebon :  

Tegal Arum (Jakarta Kota-Tegal) dari Rp 25.000 menjadi Rp 50.000 atau naik 100%.
GBM Selatan (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) dari Rp 55.000 menjadi Rp 110.000 atau naik 100%.
Matarmaja (Pasar Senen-Malang) dari Rp 65.000 menjadi Rp 115.000 atau naik 77%
Brantas (Pasar Senen-Kediri) dari Rp 55.000 menjadi Rp 90.000 atau naik 63%.
Progo (Pasar Senen-Lempuyangan) dari Rp 50.000 menjadi Rp 75.000 atau naik 50%.
Tawangjaya (Pasar Senen-Semarang Poncol) dari Rp 45.000 menjadi Rp 65.000 atau naik 44%.
KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) dari Rp 50.000 menjadi Rp 90.000 atau naik 80%.

( Walik – CR ) 

Tips Merawat Sandal Karet Wanita

Sandal karet wanita cocok untuk dikenakan saat musim penghujan tiba. Selain terlihat modis untuk dikenakan sandal semacam ini juga bisa memberikan perlindungan penuh pada kaki. Sandal khusus untuk wanita ini biasanya terdiri dari beragam model, ukuran dan warna yang bisa anda pilih sesuai dengan karakter dan budget yang dimiliki. 

Namun anda juga tak boleh melupakan kenyamanan yang ditawarkan oleh sandal itu sendiri. Memakai sandal karet dengan model tertutup saat pergi ke kantor tidak akan membuat sepatu kulit anda cepat rusak. Anda bisa melepas sandal karet dan berganti sepatu kulit saat sudah sampai di kantor. Namun anda juga perlu merawat sandal karet dengan benar sehingga sandal tersebut bisa awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang ingin menyimpan sandal karet wanita tanpa ribet:

  • Simpan sandal karet di tempat yang aman. Artinya tempat tersebut tidak boleh lembab. Jangan pula menaruh sepatu karet di bawah sinar mentari. Panas matahari bisa berpengaruh buruk terhadap bahan karet yang digunakan karena sifatnya yang memuai bila terkena panas. Akibatnya ukuran sandal yang semula pas menjadi kebesaran.
  • Bila saat itu anda kehujanan di jalan dan mendapati sandal karet wanita yang dimiliki kotor dan basah, anda wajib membersihkannya terlebih dahulu sebelum menaruh sandal di rak. Copot sandal dan keringkan dengan lap bersih dan lembut hingga air terserap dengan baik. Bila perlu gunakan spons bila air pada sandal terlalu banyak.
  • Pastikan kaki anda dalam keadaan kering saat mengenakan sandal karet wanita sehingga bagian dalam dari sandal tidak lembab. Bila bagian dalam sandal basah, maka akan timbul bakteri yang bisa membuat kaki anda jadi bau dan gatal-gatal karena kebersihan yang tak terjaga.
  • Sepatu karet dibuat dari bahan yang lembut karena itu anda jangan menggunakan sepatu pada area terjal. Artinya anda perlu menghindari berjalan di permukaan tanah yang tak rata.
  • Meskipun anda suka sekali dengan sepatu karet, jangan menggunakan sepatu seharian penuh tanpa peregangan. Paling tidak anda perlu meluangkan waku 15 menit untuk mencopot sepatu supaya sirkulasi udara bisa kembali normal dan kaki juga lebih rileks.
  • Saat anda menaruh sandal karet wanita di atas rak, hindari menumpuk sandal karena bentuknya bisa berubah. Alangkah lebih baik bila sandal dan sepatu tersebut disimpan dengan cara digantung sehingga sirkulasi udara di dalamnya bisa lancar.(sumber:fashionpw.com)

Di Iran Banyak Wanita Cantik, Kenapa Mehdi Pilih Tata Janeta?

Mehdi, model asal Iran yang berkarier di Indonesia memilih penyanyi Tata Janeta sebagai kekasihnya. Jalinan keduanya pun semakin serius. Jika ditelisik, di Iran banyak wanita cantik, lalu mengapa Mehdi nyangkut di hati Tata, janda dengan dua orang anak? 

"Dia most pretty in the world. Di dunia buat saya," sahut Mehdi santai di 'Rumpi No Secret' di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (24/3/2015) malam.

Pria Ini Kepergok Pandangi Bokong Pippa Middleton, Miley-Patrick Mesra Lagi

Pernah gagal membina rumah tangga, eks personel Mahadewi itu mengaku tak trauma. Ia berharap hubungannya dengan bisa langgeng hingga ke jejang yang lebih serius.

"Nggak takut saya mah. Nggak pernah takut dalam hidup. Saya percaya dia insya Allah. Semoga semua lancar. Saya bisa jaga hati, jaga iman," sahut Tata.Jadi siap menikah lagi nih, Tata? ( Di Kutip Saking detikHot )


Event Pariwisata Upacara Adat cirebon


Syawalan Gunung Jati :Setiap awal bula syawal masyarakat wilayah Cirebon umumnya melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Di samping itu juga untuk melakukan tahlilan

Ganti Welit :Upacara yag dilaksanakan setiap tahun di Makam Kramat Trusmi untuk mengganti atap makam keluarga Ki Buyut Trusmi yang menggunakan Welit (anyaman daun kelapa). Upacara dilakukan oleh masyarakat Trusmi. Biasanya dilaksanakan pada tanggal 25 bulan Mulud.

Rajaban :Upacara dan ziarah ke makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan di Plangon. Umumnya dihadiri oleh para kerabat dari keturunan dari kedua Pangeran tersebut. Dilaksanakan setiap 27 Rajab. Terletak di obyek wisata Plangon Kelurahan Babakan Kecamatan Sumber kurang lebih 1 Km dari pusat kota Sumber.

Ganti Sirap :Upacara yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali di makam kramat Ki Buyut Trusmi untuk mengganti atap makam yang menggunakan Sirap. Biasanya dimeriahkan dengan pertunjukan wayang Kulit dan Terbang.

Muludan :Upacara adat yang dilaksanakan setiap bulan Mulud (Maulud) di Makam Sunan Gunung Jati. Yaitu kegiatan membersihkan / mencuci Pusaka Keraton yang dikenal dengan istilah Panjang Jimat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 12 Mulud. Sedangkan pusat kegiatan dilaksanakan di Keraton.

Salawean Trusmi :Salah satu kegiatan ziarah yang dilaksanakan di Makam Ki Buyut Trusmi. Di samping itu juga dilaksanakan tahlilan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tanggal 25 bulan Mulud.

N a d r a n :Nadran atau pesta laut seperti umumnya dilaksanakan oleh nelayan dengan tujuan untuk keselamatan dan upacara terima kasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan rezeki. Dilaksanakan dihampir sepanjang pantai (tempat berlabuh nelayan) dengan waktu kegiatan bervariasi. ( CR )

Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa di Keluhkan Pengguna Jalan

Kota Cirebon ( 89,2 CR ) Aksi unjuk rasa para mahasiswa yang tergabung dalam KAMMI Cirebon di perempatan jalan siliwangi dianggap mengganggu arus lalu lintas di jalan tersebut. Pasalnya para mahasiswa berada di tengah tengah perempatan jalan, hingga mengundang perhatian pengguna jalan. pihak kepolisian dari Polres Cirebon Kota turut membantu kelancaran arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang. 

Supri Salah satu pengguna jalan siliwangi merasa terganggu dengan aksi unjuk rasa ini, meski pihak kepolisian telah turun tangan mengendalikan arus lalu lintas namun kemacetan tetap terjadi. apalagi para mahasiswa melakukan pembakaran krada di tengah jalan yang mengundang perhatian pengguna jalan. 

" Seharusnya mahasiswa berunjuk rasa namun tidak mengganggu ketertiban umum apalagi di tengah jalan pada jam istirahat, sangat mengaggu arus lalu lintas di jalan siliwangi " ucapnya 26/3/2015

Para mahasiswa dari KAMMI Cirebon siang tadi melakukan long march dari Masjid At - taqwa Kota Cirebon menuju gedung DPRD untuk menyampaikan aspirasi. selanjutnya para mahasiswa melakukan aksi di perempatan jalan siliwangi. para mahasiswa merasa kecewa dengan kinerja pemerintahan yang di pimpin presiden Joko Widodo. ( Walik - CR ) 

Toko Bensin Eceran Hangus Terbakar

Kota Cirebon ( 89,2 CR ) Rumah milik ibu Markona pedagang bensin eceran di jalan Kutagara Kelurahan Jagasatru kecamatan Lemaђ Wungkuk Kota Cirebon hangus terbakar pagi tadi. Kebakaran terjadi akibat bensin dalam kemasan botol tumpah dan mengenai obat nyamuk bakar yang sedang menyala. Empat mobil pemadam kebakaran di kerahkan untuk memadamkan api tersebut. 

Dikatakaη kapolsek selatan timur kompol Sutisna, kebakaran di sebabkan akibat bensin yang sedang di tuangkan di dalam botol tercecer, kemudian apί dari obat nyamuk bakar menyambar bensin tersebut, api yang sudah membesar akhirnya membakar rumah milik ibu Markonah.

" saat ibu markona menuangkan bensin didalam botol, obat nyamuk bakar dalam kondisi menyala, kemudian api menyambar bensin yang tumpah, api langsung membakar se isi rumah " tegasnya 26/3/2015

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun Kerugian di taksir sekitar ratusan juta rupiah.  Kebakaran ini sedang di selidiki oleh pihak kepolisian secara intensif. ( walik - CR )

Isu Pertengkaran dan Pisah Ranjang di Balik Perceraian Rieke Diah Pitaloka

Isu keretakan rumah tangga Rieke Diah Pitaloka dan Donny memang sudah lama terdengar, bisa dibilang sejak pertengahan tahun lalu. Namun hari ini baru terungkap bahwa keduanya sudah resmi bercerai sejak 13 Januari lalu.


"Iya, benar (telah cerai)," ucap Humas Pengadilan Agama Depok, Suryadi kepada detikHOT lewat pesan singkat, Selasa (24/3/2015).

Isu keretakan rumah tangga Rieke berembus sejak September 2014. Kala itu, bintang film 'Sang Pemimpi' tersebut juga kabarnya sudah pisah ranjang dengan sang suami.Donny diisukan sudah tak pernah pulang ke rumahnya di kawasan Depok. Donny kala itu kabarnya justru kerap pulang ke rumahnya di Bekasi.Tapi belum jelas kebenaran kabar tersebut. Hanya saja, isu mengenai perceraian itu sepertinya bukan gosip belaka, meskipun keduanya tertutup untuk masalah pribadi.

Rieke juga hadir seorang diri ke persidangan yang digelar di Pengadilan Agama Depok,Jawa Barat. Dalam gugatannya, Rieke memang tidak mempermasalahkan apapun kecuali perceraian( Di Kutip Saking detikHot)

Cara Alami Mengharumkan Ruangan

Banyak cara untuk membuat rumah atau ruang keluarga Anda harum, Hindari penyemprotan pengharum ruangan kimiawi. 
1. Letakkan tanaman bunga atau herbal dalam pot favorit Anda di dapur, ruang keluarga dan kamar mandi. Bunga atau tanaman bisa mengurangi polusi udara dan membantu sirkulasi udara bersih dalam ruang.
2. Simpan kulit citrus atau kulit jeruk lain (jeruk sitrun, jeruk limau dsb) di rumah. Rebus kulit jeruk tersebut untuk menghasilkan bau yang segar di dapur atau tuang air rebusan ke tempat pembuangan sampah untuk menghilangkan bau. Anda juga bisa meletakkan kulit citrus di kantong penyedot debu sebelum Anda membersihkan karpet untuk menimbulkan bau harum.
3. Cairkan minyak alami atau minyak herbal dalam botol, semprotkan ke perabot dan karpet Anda untuk menghasilkan bau harum yang khas. Gunakan bau-bauan yang berbeda untuk masing-masing ruangan, seperti bau lavender untuk ruang keluarga, kayu cendana untuk ruang tidur dan bau permen (peppermint) untuk kamar mandi.
4. Letakkan semangkuk cuka putih di pojok ruangan. Cuka bisa menyerap bau yang tidak Anda inginkan.
5. Semprotkan pelembut pakaian ke sepatu atau lemari untuk menghilangkan bau. Anda juga bisa meletakkan potongan kayu cedar dibungkus amplas di bawah lemari untuk menyegarkan suasana. Ganti bungkus amplas setahun sekali.
6. Gunakan lilin alami dari minyak kedelai (soy candles) yang lebih tahan lama dan lebih harum sebagai ganti lilin biasa. Lilin dari minyak kedelai juga lebih ramah lingkungan dan lebih aman dibanding lilin biasa yang bisa memicu kanker (carcinogen-emitting candles).
7. Membuat kue atau memasak makan malam sendiri juga bisa menimbulkan bau harum di ruangan. Tak ada yang lebih menyenangkan selain mencium bau harum kue atau masakan yang baru matang.

Seminar bertajuk “Kota Cirebon Sebagai Kota Internasional, Peluang Sumber Daya, dan Strategi”.

KOTA CIREBON (89,2 CR) - Dalam rangka mengindentifikasi sumber daya dan peluang yang dimiliki Kota Cirebon, untuk membuat dirinya menjadi kota internasional, maka Pemerintah Kota Cirebon, Keraton Kesepuhan, dan Pemda Berkarya didukung oleh berbagai komponen masyarakat, menyelenggarakan seminar bertajuk “Kota Cirebon Sebagai Kota Internasional, Peluang Sumber Daya, dan Strategi”.

Dalam rilis yang disampaikan Wakil Walikota Cirebon dalam sambutanya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jaja Sulaeman, berharap seminar ini dapat menjadi inspirasi dan dorongan semangat bagi pemerintah Kota Cirebon, serta masyarakat luas untuk terus bersama-sama berproses kreatif menggali dan mengolah pontensi di wilayah Kota Cirebon. Sehingga bermafaat bagi upaya-upaya meningkatkan kemakmuran dan menyejaterahkan masyarakat.

Alexander Soetjipto, Presiden St.Louis-Bogor Sister Cities yang juga penggagas inisiatif Pemda Berkarya INV mengatakan bahwa Kota Cirebon memiliki potensi yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai kota internasional. Alexander yang juga merupakan salah satu aktivis di St.Louis Center For Internasional Relations, Missouri, Amerika Serikat, juga menyampaikan pengalamannya membantu Kota St.Louis dalam kegiatan yang menyangkut hubungan secara internasional.

Galih Permata yang merupakan pengagas Sister Cities (kota kembar) antara Kota Cirebon dengan Austin salah satu kota di Texas, Amerika Serikat mengutarakan bahwa pembentukan komite hubungan internasional membutuhkan banyak pihak untuk diajak berkerjasama. “Termasuk dari pemerintah Indonesia dan Amerika Serikatnya itu sendiri.(Jums-CR)

Barbie Jane

Talk Show Barbie Jane 25/03/2015

Asal-Usul Sandiwara Cirebon

Sandiwara Cirebon dikenal oleh masyarakat Jawa Barat dengan sebutan "masres" pada tahun 1940-an, ketika Cirebon diduduki oleh kolonialis Jepang. Berdasarkan keterangan yang dihimpun para tokoh sandiwara Cirebon saat ini, disebutkan bahwa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, di daerah Cirebon muncul kesenian yang digemari oleh masyarakat yaitu reog Cirebonan, yang terkenal dengan nama reog sepat.

Pertunjukan reog itu terdiri dari dua bagian. Pertama berupa atraksi bodoran/lawakan, dan kedua berupa drama yang mengambil cerita dari kebiasaan masyarakat daerah tersebut. Pada saat bersamaan, di daerah Jamblang Klangenan muncul pula sebuah kesenian yang lazim disebut toneel (tonil) dengan nama Cahya Widodo. Kesenian ini setiap hari selama berbulan-bulan melakukan narayuda (ngamen).

Kedua jenis kesenian tersebut kemudian mengilhami seorang pemuda dari Kampung Langgen, Desa Wangunarja, Klangenan, Cirebon, yang bernama Mursyid untuk mendirikan kesenian baru di daerah Cirebon. Mursyid mengumpulkan para pemuda dari lingkungan sekitar untuk bersama-sama mendirikan perkumpulan kesenian yang memadukan reog sepat dan tonil Cahya Widodo. Kesenian ini adalah drama gaya Cirebonan dengan iringan musik yang didukung oleh waditra berlaraskan prawa. Kesenian perpaduan itu dinamakan jeblosan yang, menurut mereka, berarti "pertunjukan tonil tanpa layar tutup" (jeblas-jeblos; bahasa Cirebon). Selain itu, ada pula yang menyebutnya Bungkrek (bahasa Cirebon yang artinya bujang [pemuda] yang sering angkrak-engkrek [menari]).

Oleh karena jeblosan ini banyak dipengaruhi ketoprak/tonil/stambul Cahya Widodo, maka tidak mengherankan apabila cerita yang dibawakan pada waktu itu berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Akan tetapi adakalanya cerita diambil dari cerita rakyat Jawa Barat tentang asal-usul daerah atau dongeng-dongeng rakyat. Dalam perjalanannya, kesenian jeblosan ini sangat digandrungi oleh masyarakat. Walaupun pada waktu itu seluruh pemainnya kaum pria, namun mayoritas mereka adalah pejuang kemerdekaan. Dalam kesenian inilah tercipta media penerangan sekaligus perjuangan melawan penjajah melalui lakon-lakon yang dimainkannya.

Pada 1946 di Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon, Cirebon berdiri pula kesenian sejenis dengan nama langendriyo, yang diprakarsai oleh Suwandi dan Mursyid, Desa Barepan. Langendriyo dan jeblosan ini hampir sama dengan tonil Cahya Widodo, meskipun ada perbedaan dalam bahasa penyampaiannya. Pada langendriyo, cerita disampaikan dalam bahasa Jawa dan pada jeblosan dipakai bahasa campuran antara bahasa Jawa Cirebonan dengan bahasa Jawa.

Pada 1949 sarana langen jeblos mulai ditingkatkan, yaitu menggunakan panggung. Nama jeblos diganti dengan langen perbeta yang berarti lasykar (bahasa sandi), Persatuan Bekas Tentara. Dan pada tahun lima-puluhan namanya diganti lagi dengan Sari Sasmita yang berfungsi sebagai media penerangan. Kejayaan Sari Sasmita mulai terlihat. Dari malam ke malam, pada setiap musim hajatan, kesenian tersebut tidak pernah istirahat memenuhi undangan masyarakat penggemarnya.

Pada 1952 di Desa Bojong Wetan, Kecamatan Klangenan, berdiri pula kesenian sejenis dengan nama sanpro (sandiwara proletar). Pendirinya adalah H. Abdullah, yang pada saat itu menjabat sebagai kepala desa setempat. Kemudian, pada 1956, berdiri pula perkumpulan sandiwara di daerah Bedulan, Desa Suranenggala, Cirebon Utara, dengan nama yang dikenal sekarang, yaitu masres (nama sejenis benang yang dipakai untuk membuat jaring ikan). Salah satu pendirinya adalah Ibu H. Sami'i yang dikenal sebagai pesinden Cirebonan. Dan, pada 1956, partai-partai politik mulai melirik kesenian sandiwara tersebut untuk media kampanye bagi kepentingan masing-masing. Maka di Desa Bojong Wetan, Kecamatan Klangenan Cirebon, para tokoh Partai Sosialisme Indonesia (PSI) mendirikan perkumpulan seni sandiwara menggantikan sanpro dengan nama Setia Budhi. Tokoh-tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI), dengan Lembaga Kebudayaan Nasional (LKN)-nya, mendirikan perkumpulan sandiwara dengan nama Suluh Budaya. Sementara tokoh-tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI), dengan Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra)-nya, mendirikan perkumpulan sandiwara dengan nama Dharma Bhakti. Perkumpulan-perkumpulan ini hanya bertahan hingga tahun 1965 dan ketika meletus Gerakan 30 September (G-30-S/PKI) grup-grup ini bubar karena amukan massa anti-PKI. Sejak saat itu fungsi sandiwara, juga kesenian-kesenian lain, tidak lagi didampingi oleh kepentingan partai politik.

Pada tahun 1970-an sandiwara Cirebon mengalami masa kejayaannya, karena banyak sekali yang menanggap kesenian ini. Maka tidak mengherankan jika di daerah Cirebon saat itu banyak bermunculan kelompok/grup sandiwara di setiap desa dan kecamatan. Sandiwara Cirebon hingga kini masih hidup di masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Kehidupan kesenian ini tidak terlepas dari dukungan para pendukungnya, yang masih membutuhkan seni pertunjukan tersebut sebagai pengiring dalam upacara-upacara inisiasi, katarsis dan simpatetik magis (perkawinan, khitanan, kaul, dan lain-lain).

Alat musik yang dipakai dalam sandiwara Cirebon adalah gamelan pelog dengan waditranya antara lain bonang, kemyang, saron, titil, penerus, gong besar dan kecil, kendang, dogdog dan ketipung, tutukan, kenong (jenglong), kecrek, seruling, dan gambang. Dalam perkembangannya belakangan ini, unsur-unsur musik modern ditambahkan, antara lain alat-alat musik modern, seperti kibor dan gitar listrik. Sedangkan perlengkapan lain dalam menunjang pertunjukan sandiwara Cirebon antara lain properti, layar, dan dekor.

Dalam pertunjukan sandiwara Cirebon saat ini, banyak ditampilkan cerita yang diambil dari babad Cirebon, seperti lakon Nyi Mas Gandasari, Pangeran Walangsungsang, Ki Gede Trusmi, Tandange Ki Bagus Rangin, Pusaka Golok Cabang, dan lain-lain. Sekalipun demikian, sandiwara Cirebon kadangkala menampilkan cerita dongeng atau legenda masyarakat Jawa umumnya, terutama pada pertunjukan berlangsung siang hari. Namun pada malam hari, cerita yang ditampilkan kebanyakan diambil dari babad Cirebon hingga tuntas menjelang pagi. Oleh karena sifatnya yang egaliter, sandiwara Cirebon banyak mempertunjukkan pula kemasan-kemasan musik dangdut Cirebonan, atau kadang-kadang tayuban sebagai selingan dalam suatu lakon pertunjukan. Pertunjukan sandiwara Cirebon pada malam hari biasanya dimulai pada pukul 20.00 dan selesai pada pukul 03.30 dinihari. Struktur pertunjukan sandiwara Cirebon adalah sebagai berikut: musik pembuka (tatalu); adegan gimmick (surpraise dengan trik panggung, berupa kembang api); tarian pembuka; pertunjukan lakon sandiwara; penutup, dengan musik dan epilog pimpinan sandiwara. ( Di Kutip Saking Sunda.web.id )