Header Ads


Pokir Di Musrenbang Kota Cirebon Tahun 2021 Dari Aspirasi Masyarakat

Kota Cirebon (89,2 CR) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021, tingkat Kota Cirebon dilaksanakan pada, Rabu (18/03/20). Salah satu poin yang dibahas yakni Pokok Pikiran (Pokir) dari anggota DPRD Kota Cirebon. Pokir yang sudah diinput melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) baru bisa terealisasi pada tahun depan. 

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Handarujati Kalamullah, pokir merupakan aspirasi masyarakat yang dikumpulkan lewat reses anggota dewan pada akhir 2019 dan awal 2020 lalu. Seluruh aspirasi yang disampaikan kepada anggota dewan diinput melalui SIPD. Input sendiri telah selesai sejak dua pekan lalu. 

"Adanya SIPD membuat kami lebih mudah menampung aspirasi masyarakat hasil reses lalu. Sistem yang baru lebih memudahkan dalam penyusunan dan penganggaran," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/03/2). 

Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat yang ditampung dalam pokir berkaitan dengan infrastruktur, hibah bantuan sosial, rutilahu dan modal usaha. Dalam menginput pokir di SIPD, anggota dewan harus menjelaskan secara detail bahkan harus disertakan foto dan lokusnya. 

"Diisi dengan jelas dan detail, jadi bukan asal - asalan apalagi ngarang, karena SIPD ini program satu data, bisa dipantau oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Jawa Barat," tambah dia. 

Sementara itu ketua DPRD Kota Cirebon Affiati menambahkan, masing - masing anggota dewan memiliki aspirasi berbeda - beda tergantung yang disampaikan oleh masyarakat. Baginya adanya pokir akan memudahkan Pemerintah Kota Cirebon menyelesaikan persoalan di masyarakat sehingga program yang telah disusun bisa tepat sasaran. 

"Beda - beda aspirasinya tapi ini akan lebih memudahkan Pemkot dalam menjalankan program," tandasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.