Header Ads


DLH Kota Cirebon Berkomitmen Wujudkan Cirebon Bersih

Kota Cirebon (89,2 CR) - Penanganan sampah di Kota Cirebon harus ditangani secara serius, terlebih pada Tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon telah mencanangkan Cirebon Bersih. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon berupaya mewujudkan komitmen tersebut, meski banyak persoalan yang harus dilalui. 

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH, Gandi, prioritas yang harus dilakukan dinasnya dengan mengatur mobiliasi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur, Argasunya. Sehingga tidak ada lagi truk sampah yang menunggu lama. 

"Karena musim hujan dan akses jalannya sulit di TPA akhirnya truk harus antri lama, langkah yang kami lakukan dengan membuat jalur masuk dan keluar yang mudah diakses," ujarnya kepada awak media, Rabu (12/02/20). 

Upaya lain dengan mengintensifikasikan peran petugas sapu di ruas Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). Total terdapat 66 petugas sapuan yang bekerja dari pagi hingga malam. 

"Prioritas utama kami maksimalkan petugas sapuan yang berjumlah 66 orang. Memang idealnya ada beberapa koordinator untuk mengawasi, tapi kami bekerjasama mengawasi para petugas tersebut," katanya. 

Peremajaan armada juga harus dilakukan mengingat dari total 30 truk sampah dan 11 amrol, sebagian besar berusia lebih dari 10 Tahun, sehingga dibutuhkan peremajaan agar bisa bekerja maksimal. 

Langkah selanjutnya, kelurahan di Kota Cirebon akan mendapat bantuan motor roda tiga. Motor digunakan mengakut sampah dari warga ke TPSS mobile atau TPSS permanen. 

"Rencananya dari Bantuan Gubernur akan diberikan 55 motor roda tiga. Nanti akan diberikan ke Kelurahan, biar anggarannya menggunakan anggaran dari lurah," tandasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.