Header Ads


Bappenda Kabupaten Cirebon Gratiskan Denda PBB

Kab Cirebon (89,2 CR) - Memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke 538 Tahun, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cirebon penghapusan denda Pajak Bumi Bangunan (PBB). Penghapusan berlaku dari 2 Januari - 30 April 2020. 

Menurut Kepala Bapenda, Erus Rusmana, penghapusan denda PBB untuk meringankan masyarakat yang memiliki tunggakan cukup besar. Dengan cara ini masyarakat yang memiliki tunggakan denda, cukup membayar pokok PBB. 

"Memeriahkan hari jadi Kabupaten Cirebon, kami berikan kemudahan bagi masyarakat yang belum membayar PBB karena denda, maka sekarang hanya cukup membayar pokoknya saja, dendanya dihilangkan," ujarnya kepada awak media, Rabu (16/01/20). 

Masyarakat yang ingin membayar PBB bisa datang datang ke BJB dan menyerahkan Nilai Obyek Pajak (NOP), otomatis denda akan hilang. Bagi wajib pajak, segera melakukan pembayaran sebelum tanggal akhir April 2020. 

"Cara ini untuk penghapusan piutang PBB yang nilainya bisa mencapai Rp9 miliar setiap tahunnya. Jika mereka tidak punya tunggakan, aset nilai tanah masyarakat juga akan ikut naik," jelas Erus.

Saat ini tercatat ada ribuan masyarakat yang menunggak PBB. Jumlahnya hampir merata diseluruh Kecamatan yang ada di kabupaten Cirebon. Sedangkan untuk desa yang katagorinya pembayar PBB terbaik ada sekitar 318 desa.

"Jumlah nilai objek pajaknya sendiri ada 880 ribu objek pajak. Tahun kemarin saja target PAD kita sekitar Rp42,5 milliar. Sedangkan tahun ini kita targetkan 47,2 milliar. Mudah mudahan dengan cara ini, tunggakan PBB bisa diminimalisir," pungkasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.