Header Ads


Rapat Paripurna DPRD Kab Cirebon Bahas RPJMD

Kab Cirebon (89,2 CR) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, menggelar rapat paripurna terkait tiga poin, di ruang paripurna setempat. Ketiga poin yang dirapatparipurnakan yakni, pertama tentang Persetujuan DPRD Terhadap Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2018, kedua tentang Penyampaian Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2019-2024, dan ketiga Pembentukan Pansus RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2019-2024.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mustofa menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi catatan dalam rapat paripurna tersebut. Pertama, kaitannya dengan penyampaian pertangunggujawaban pelaksanaan APBD ini sudah diatur dalam undang-undang, bahwa setelah selesai tahun anggaran maksimal enam bulan melaporkan penjabaran. 

"Kita mengharapkan, dengan prestasi yang telah diraih Pemkab Cirebon dalam penyajian laporan keuangan sebanyak empat kali berupa wajar tanpa pengecualian (WTP) itu, harus diimbangi dengan peningkatan outcome dan tingginya penyerapan anggaran," kata Mustofa, Selasa (2/7/19). 

Khawatirnya,  jika penyerapan anggarannya tidak 100 persen atau tidak maksimal, maka akan memunculkan interpretasi pemikiran terhadap perencanaan yang kurang baik. 

"Kenapa DPRD memberikan catatan seperti itu? Karena masih tingginya silpa, tingginya silpa itu khawtirnya berarti tidak efektifnya betul-betul selektifnya prioritas kegiatan. Sehingga tidak bisa terserap," katanya.

Adapun terkait RPJMD, sudah diatur dalam Peraturan Perundang-undangan Daerah bahwa setelah dilantiknya bupati terpilih hasil Pilkada pemerintah daerah menyiapkan RPJMD sebagai payung hukum untuk program pembangunan lima tahun ke depan dari visi misi bupati terpilih. 

"Oleh karenanya, ini kesempatan bagaiamana RPJMD ke depan ini merupakan solusi pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Cirebon agar visi misinya benar-benar terwujud," katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi menjabarkan visi misinya sebagai Bupati Cirebon periode 2019-2024 dalam rapat tersebut. Ada lima visi misi untuk lima tahun ke depan, yakni Cirebon Berbudaya, Cirebon Sejahtera, Cirebon Agamis, Cirebon Maju, dan Cirebon Aman.

"Dan yang menjadi prioritas adalah ke depan terkait pembentukan karakter masyarakat. Terkait akhlak. Dan saya mengimbau kepada seluruh perangkat daerah agar melayani masyarakat dengan sepenuh hati," katanya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.