Header Ads


HUT Cirebon Ke 650, Janjikan Kemasan Yang Lebih Menarik Wisatawan

Kota Cirebon (89,2 CR) - Hari jadi Cirebon ke 650 Tahun akan dikemas lebih menarik dan bisa mengundang wisatawan dari luar Kota Cirebon. Oleh sebab itu berbagai upaya terus dilakukan agar event berjalan sukses dan menyedot wisatawan domestik mancanegara. 

Ketua Hari Jadi Cirebon ke-650, Agus Sukmanjaya menjelaskan, tantangan terbesar pada tahun ini adalah mendatangkan wisatawan domestik dan manacanegara, terlebih Kota Cirebon menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat dengan target 2 Juta wisatawan pada tahun 2019 ini. 

"Ini tantangan tersendiri, hari jadi Cirebon harus dikemas dengan menarik dan bisa mendatangkan wisatawan. Bagi kami panitia optimis bisa dilaksanakan asal dibantu oleh seluruh OPD dan masyarakat," ungkap Agus Sukmanjaya usai rapat di Balai Kota Cirebon, Senin (1/7/19). 

Dijelaskan Agus, ada beberapa masukan yang disampaikan pak wali dalam rapat diantaranya, tahun 2019 ini adalah tahun pertama peringatan Hari Jadi Cirebon di bawah kepemimpinan Azis - Eti, sehingga tahun pertama harus menjadi role model yang diselaraskan dengan visi misi yang diusung.

"Ini tahun pertama Azis - Eti, dan perayaan tahun ini harus menjadi triger percepatan visi misi beliau, setiap event harus dikemas dengan baik dengan event yang layak jual, bagaimana event bisa mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," jelas Agus.

Konsep secara general, lanjut Agus, rangkaian - rangkaian yang menjadi rutinitas setiap peringatan Hari jadi akan tetap dilakukan, seperti upacara yang diteruskan dengan paripurna istimewa, pembacaan babad Cirebon dan lain - lain. Namun, rangkaian - rangkaian tersebut akan dikemas dalam wadah yang lebih menarik dan memiliki daya magnet untuk mendatangkan massa.

"Kita akan lakukan yang sejak dulu menjadi rutinitas, tetapi akan dikemas agar lebih menjual. Contoh kecil dalam hal pembacaan babad Cirebon, itu akam dikemas dengan baik agar bisa menambah nilai jual dalam pariwisata," lanjut Agus.

Minggu depan pihak panitia akan kembali menghadap kepada Wali Kota dan melaporkan persiapan sesuai dengan masukan dan arahan yang sudah diberikan.

"Minggu depan ditunggu untuk laporan selanjutnya, nanti kita akan banyak berkolaborasi dengan semua stake holder yang ada. Promosi, mudah - mudahan dalam minggu kedua Juli ini sudah mulai publikasi, karena rangkaian sudah mulai, 26 Juni dimulai dengan Festival Budaya Sunyaragi, endingnya kita sedang konsep," tambah Agus. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.