Header Ads


Soal Galian C, Pemkot Cirebon Masih "Ngambang"

Kota Cirebon (89,2 CR) - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kota Cirebon menggelar rapat terkait galian C di Argasunya Kota Cirebon, Rabu (26/6/19). Hasilnya dibutuhkan kajian mendalam untuk merelokasi wilayah tersebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. 

Ir Bambang Tirtoyuliono MM sebagai kadis ESDM Prov Jabar mengatakan, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk merelokasi kawasan tersebut. Pasalnya galian C sudah berlangsung lama banyak masyarakat yang hidupnya bergantung dari galian C. Namun berjalannya waktu pekerja galian C semakin masif bahkan menggunakan alat berat.

"Ini butuh kajian yang mendalam, karena banyak yang bergantung hidupnya dari galian C. Ada penanganan jangka pendek dan jangka panjang," ungkapnya kepada awak media. 

Persoalan ini yang harus dibahas bersama antara Pemerintah Kota Cirebon dan masyarakat setempat. Mereka yang hidupnya bergantung dari galian C bisa tetap mendapatkan pelatihan dan galian C bisa menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

"Bocorannya wilayah tersebut akan dijadikan sebuah kawasan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Tapi dibutuhkan solusi dan terobosan dari pemkot Cirebon," terangnya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Asep Dedi akan membahas persoalan ini dengan dinas terkait. Penataan kawasan Argasunya juga sudah masuk di dalam RPJMD Kota Cirebon. Upaya yang akan dilakukan penataan jangka pendek dan jangka panjang. 

"Wilayah itu sudah masuk RPJMD Kota Cirebon. Akan di tata lebih baik lagi agar bermanfaat," imbuh dia. 

Rencananya kawasan Argasunya akan menjadi obyek wisata. Namun dibutuhkan persiapan yang matang baik dari infrastruktur dan SDM di wilayah setempat. [Wlk] 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.