Header Ads


Kota Cirebon Terdaftar Kota Percontohan Pengolahan Sampah Menjadi RDF

Kota Cirebon (89,2 CR) - Kementerian PUPR mendaftarkan Kota Cirebon sebagai kota percontohan pengolahan sampah menjadi RDF (Refuse Derived Fuel). Setelah kajian rampung, akan diputuskan, apakah layak atau tidak mendapatkan program yang bekerjasama dengan perusahaan German ini.

Nana Wardana perwakilan dari Kementerian PUPR menjelaskan, perusahaan German akan berinvestasi senilai 1 Triliun untuk bisa membangun pabrik pengolahan sampah tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan kajian yang matang agar seluruh tahapan proses pembangunan pabrik bisa ditempuh. 

"Kami diskusi dan persentasi kepada Wakil Wali Kota Cirebon mengenai investasi dari perusahaan German. Kami sampaikan syarat agar bisa mendapatkan program ini dan ada proses yang harus ditempuh," ungkapnya kepada awak media, Selasa (25/6/19).

Proses seleksi lanjut Nana, ada beberapa tahapan diantaranya, pemerintah daerah harus memiliki lahan minimal 5 hektare. Menyediakan anggaran sebesar 2 Miliar untuk biaya perawatan. Dari profit sharing pemerintah daerah mampu menghasilkan PAD sebesar 13 Miliar pertahun. 

"Kalau terwujud, dari RDF ini bisa menghasilkan 13 Miliar pertahun, tapi Pemda harus menyediakan anggaran untuk perawatan dan lainnya sebesar 2 Miliar," tambah dia.

Kota Cirebon merupakan enam kota di Indonesia yang terdaftar dalam program ini. Setelah proses kajian dan seleksi baru akan diputuskan siapa yang ada mendapatkan program. Pembangunan pabrik sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. 

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati optimis peluang ini bisa ambil oleh pemkot Cirebon. Pertimangannya, Kota Cirebon memiliki komitmen dalam menangani sampah dan infrastrukturnya telah terpenuhi. 

"Optimis bisa diambil oleh pemkot Cirebon. Kami sudah berkomitmen dan memiliki apa yang diinginkan kementerian," ujarnya. 

Dirinya optimis program pengolahan sampah menjadi RDF bisa terwujud. Karena akan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat Kota Cirebon dan pemerintah Kota Cirebon, salah satunya meningkatkan perekonomian di wilayah pabrik. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.