Header Ads


Komisi IV DPRD Kab Cirebon Dorong Disdik Berikan Upah Layak Guru Honor

Kab Cirebon (89,2 CR) - Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon mendorong Dinas Pendidikan memberikan perhatian khusus kepada para guru honor. Pasalnya selama ini nasib guru honor di Kabupaten Cirebon sangat memprihatinkan. Upah yang diterima jauh dari cukup.

Aceng Sudarsono anggota komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon menyebutkan, dunia pendidikan diwilayahnya jauh dari daerah lain, salah satunya nasib kesejahteraan guru honor. Banyak guru honor hanya mendapatkan upah 100 ribu perbulan. Sedangkan di daerah lain, upah guru honor hampir sama dengan karyawan swasta.

"Di Kabupaten Cirebon sangat tertinggal sekali, di Bekasi dan semarang, gaji guru honor lebih dari cukup, kenapa Kabupaten Cirebon tidak mampu," kata Aceng seusai rapat, Rabu (12/6/19).

Aceng yakin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon mampu memberikan upah sebesar 500 ribu perbulan. Hal ini dilihat dari kemampuan keuangan daerah. Rencananya anggaran tersebut akan diusulkan pada APBD Perubahan.

"Paling kecil 500 ribu perbulan. Kenapa tidak mampu, kami akan usulkan diperubahan nanti," tegasnya.

Di tempat yang sama kepala Disdik Kabupaten Cirebon Abdullah menjelaskan, anggaran 100 ribu perbulan untuk guru honor berasal dari sekolah yang menyisihkan sebagian anggaran yang ada. Diakuinya anggaran tersebut belum masuk ke APBD.

"Anggarannya tidak ada, sekolah biasanya menyisihkan anggaran untuk guru honor," tambahnya. 

Total di Kabupaten Cirebon guru honor sebanyak 6999 orang. Para guru honor hanya baru mendapat SK dari Bupati tapi hanya pengakuan bahwa mereka diakui Pemkab Cirebon. Jika 500 ribu perbulan untuk guru honor, maka Pemkab menyediakan anggaran 35 Miliar. [Wlk] 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.