Header Ads


Kab Cirebon Punya Destinasi Wisata "Gedoeng Toea Djamblang"

Kab Cirebon (89,2 CR) - Masyarakat Kabupaten Cirebon memiliki destinasi wisata baru. Yakni wisata "Gedoeng Toea Djamblang" di desa Jamblang, Kecamatan Jamblang. Destinasi wisata ini secara resmi dibuka untuk umum mulai Kamis (27/6/19). 

Sultan Sepuh ke XIII PRA Arif Natadiningrat berpesan kepada masyarakat Jamblang agar menjaga, merawat dan memperkenalkan bangunan tua kepada wisatawan yang datang ke Jamblang. Masyarakat juga harus menggali potensi lain agar wisatawan betah yaitu menyiapkan kuliner dan kerajinan khas Jamblang. 

"Desa Jamblang ini lengkap, banyak gedung tua, kulinernya harus diperkenalkan juga, yaitu nasi Jamblang. Kerajinannya ada yaitu celengan Jamblang, semuanya harus diperkenalkan kepada wisatawan," kata Sultan Sepuh. 

Agar bisa menjadi destinasi terkenal dibutuhkan lima elemen penting yaitu pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha komunitas atau insan media. Kelimanya harus bersinergi memperkenalkan obyek wisata ke masyarakat. Jika keduanya bersinergi maka desa wisata bisa terkenal hingga tingkat Nasional. 

"Lima elemen penting pariwisata harus bersinergi agar destinasi wisata baru ini bisa terkenal," tambahnya. 

Sementara itu Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan, ada 10 gedung tua yang dijadikan Destinasi Wisata "Gedoeng Toea Djamblang". Wisatawan yang datang belum di pungut biaya atau gratis. Kedepan Destinasi wisata ini akan dibenahi karena destinasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. [Wlk] 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.