Header Ads


Fix Pilwu Serentak Dilaksanakan Pada Bulan Oktober

Kab Cirebon (89,2 CR) - Draf Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 21 Tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan pemilihan Kuwu (kepala desa)  serentak telah ditandatangani. Tahap selanjutnya tinggal pelaksanaan Pilwu yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Oktober mendatang. 

Dikatakan Kabid Pemerintahan Desa, Nanan Abdul Manan, setelah dirapatkan dengan dinas terkait, tahap selanjutnya tinggal dilakukannya sosialisasi dari mulai tingkat  kecamatan sampai ketingkat desa. 

"Alhamdulillah Perbup sudah ditandatangi Pak Bupati dan tinggal disosialisasikan saja. Oleh karenanya pelaksanaan kali ini akan lebih mudah karena semuanya sudah diatur dalam Perda ," ungkapnya kepada awak media, Jumat (28/6/19). 

Pihaknya memastikan, peserta Pilwu Serentak tahun ini dikuti 177 desa. Dari jumlah itu , secara garis besar bahwa tercatat 150 desa masuk pada wilayah  hukum kabupaten dan 27 desa di wilayah hukum kota. 

"Jumlah ini tersebar dan hampir ada pada setiap  kecamatan.  Paling banyak didominasi wilayah timur yang mencapai  65 persennya," tambah dia. 

Seperti diketahui, Pilwu tahun ini ada sedikit perbedaan pada pelaksanaan sebelumnya. Seperti anggota tim calon kuwu akan terlibat langsung dalam pemutahiran data. Sehingga tidak ada pihak yang menyalahkan panitia di Kecamatan dan Desa. Selain itu, tahapan tahun ini dilaksanakan mendekati pemilihan yang bertujuan agar tingkat partisipasi tinggi. 

"Terlebih Pilwu merupakan proses demokrasi ditingkat terkecilnya yaitu Desa. Namun konstalasinya akan lebih menarik karena langsung bersentuhan dengan masyarakat. Tapi kami yakni pelaksanaan kali ini akan lebih mudah namun tinggal sosialisinya saja yang harus bisa difahami berbagai pihak," paparnya. [Wlk] 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.