Header Ads


Mau Berhenti Merokok? Ingat 5 Tips Berikut

Ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok, banyak keraguan yang menghampirinya. Benarkah bisa 100 persen berhenti? Jangan ragu, di mana ada kemauan di situ pula ada jalannya.

Dikutip dari Very Well Mind, ingatlah lima tips berikut ketika kamu sudah bertekad untuk stop merokok. Semangat ya, ingat demi kesehatanmu dan masa tua yang bebas dari penyakit!

1. Sabar
Banyak yang berharap bisa berhenti merokok dalam satu bulan. Kalau bisa begitu sih bagus, tapi kebanyakan berhenti merokok adalah sebuah proses.

Ketika kita berhenti merokok, kita melepaskan kebiasaan yang mungkin sudah terbentuk selama bertahun-tahun. Makanya, untuk merokok dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih sehat akan memakan waktu.

Duduk, bersantai, dan jadikan waktu sebagai salah satu teman terbaik. Bersabarlah dengan dirimu sendiri dan dengan prosesnya. Ingat, kamu pasti bisa!

2. Jangan takutkan masa depan
'Aduh, gue udah seminggu berhenti merokok. Bisa enggak ya berlanjut sampai minggu depannya lagi?'

STOP! Kamu pasti bisa kok. Penarikan nikotin memang memainkan permainan pikiran saat seseorang berhenti merokok. Ini dikenal dengan istilah 'junkie thinking'.

Jika kamu merasa panik, tanamkan kalau hari ini adalah akan memengaruhi perubahan dalam hidupmu, dan akan selalu demikian. Kamu tidak bisa membaca apa yang akan terjadi di masa depan, tapi kamu bisa mengendalikan harimu saat ini.

3. Tanamkan kebiasaan sehat
Untuk bisa terlepas dari kecanduan, ini bisa didukung dengan aktivitas yang menyehatkan tubuh biar prosesnya bisa jadi lebih lancar. Kamu bisa memulai dengan menerapkan makan dengan diet seimbang, meminum air yang cukup, atau bahkan berolahraga sedikit.

Dengan mengalihkan pikiran dengan kesibukan yang lebih menyehatkan, ini bisa membuat kamu jadi tidak perlu teringat lagi atau ingin mengisap sebatang rokok.

4. Jangan malu buat minta bantuan
Statistik menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok dengan dukungan yang sehat memiliki tingkat keberhasilan jangka panjang yang jauh lebih tinggi untuk berhenti merokok.

Selain dukungan yang mungkin kamu terima dari teman dan keluarga, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa dukungan secara online. Forum berhenti merokok misalnya. Komunitas akan membantu kamu dikelilingi oleh orang-orang yang tahu persis apa yang sedang kamu lalui sehingga dukungannya jadi lebih terasa.

5. Tidak ada yang namanya 'satu batang aja'
Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, tidak ada yang namanya hanya satu batang rokok. Kalau sudah satu, bawaannya pasti kepengin nambah lagi deh dijamin!

Satu-satunya cara untuk menjauhkan rokok adalah dengan menjauhkan nikotin dari sistem tubuh. Nah ketika kamu mencoba lagi satu batang rokok, kemungkinan kamu akan kembali lingkaran asap berbahaya.

( Sumber : health.detik.com )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.