Header Ads


Agar Tomat Tak Mudah Busuk, Begini Cara Menyimpannya

Buah yang satu ini memang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Sayangnya, tomat termasuk jenis buah yang tidak awet kalau disimpan lama alias mudah busuk. Tapi ada trik untuk mengakalinya agar lebih lama segar dan awet. Intip tipsnya di sini yuk.

- Sebaiknya jangan simpan tomat dalam kulkas. Selama ini banyak orang menganggap menyimpan makanan dalam kulkas akan membuatnya lebih awet. Beberapa makanan memang bisa lebih awet, tapi ada juga yang malah cepat busuk jika disimpan dalam kulkas. Dengan menyiman tomat di kulkas, hal itu justru akan merusak kualitas tomat, baik warna, tekstur maupun rasanya sehingga membuat tomat menjadi lebih cepat busuk.

- Cara terbaik menyimpan tomat adalah di suhu ruangan. Ini karena tomat merupakan tumbuhan iklim hangat. Letakkan pada wadah terbuka dan lapisi bagian bawahnya dengan kertas.

- Jika ingin tomat awet segar, jangan buang tangkai hijaunya. Tangkai ini bisa memperlambat kematangan tomat dan mencegahnya agar tidak mudah busuk. Memotong tangkainya akan membuat bakteri lebih mudah masuk sehingga tomat mudah busuk.

-Simpan tomat dalam keadaan terbalik. Ini akan membantu mengurangi proses oksidasi sehingga tomat terlindung dari udara di sekitarnya.

( Sumber : fimela.com )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.