Header Ads


Satpol PP Dan Dinas Terkait Akan Tertibkan Jalan Cipto Kota Cirebon

Kota Cirebon (89,2 CR) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon serius dalam melakukan penataan dan penertiban di ruas jalan protokol. Setelah jalan Siliwangi, Kartini dan Wahidin, kini pemkot akan menertibkan ruas jalan Cipto Mangunkusumo. Bertempat di kantor Satpol PP, dinas terkait seperti Disperindag UMKM dan Dinas Lingkungan Hidup menggelar rapat kordinasi. 

Kepala Satpol PP Kota Cirebon Andi Armawan menjelaskan, agar bisa terwujud Kota Cirebon, tertib, bersih dan hijau dibutuhkan keseriusan seluruh pihak baik dari dinas dan masyarakat. Dinas sebagai instnasi yang berwenang memberikan pembinaan, masyarakat patuh dalam menjalankan aturan yang sudah dibuat pemkot Cirebon. 

"Ternyata yang berat itu memulai, penataan dan penertiban itu seluruh pihak termasuk masyarakat, Disperindag UMKM yang menata pedagang, DLH yang menjaga kebersihan, dan masyarakat mengikuti aturan yang sudah buat, jika semuanya bersinergi, tanpa pengawasan pun kota Cirebon akan tertib," kata Andi usai rapat, Kamis (10/1/19). 

Masih kata Andi, dalam rapat tersebut Disperindag UMKM akan menginventarisir pedagang di ruas jalan Cipto kemudian bekerjasama dengan Mall atau perusahaan lain untuk menempatkan PKL tersebut. Akan ada pula centra kuliner di jam - jam tertentu, dengan catatan tidak menganggu arus lalu lintas. 

"Tadi Disperindag UMKM akan mendata dan bekerjasama dengan Mall atau pengusaha untuk menyediakan tempat bagi PKL, teknisnya diserahkan kepada dinas terkait," ujar Andi. 

Setelah mengadakan rapat dengan dinas, rencananya dilanjutkan rapat dengan pihak kepolisian dan TNI. Setelah sudah ada kesepakatan bersama, baru penertiban dimulai, dalam hal ini Satpol PP akan menertibkan bagi mereka yang melanggar kesepakatan antara dinas dengan masyarakat. 

"Kami juga akan rapat dengan pihak kepolisian dan TNI. Seluruh pihak kami rangkul untuk Kota Cirebon lebih baik," tegasnya. 

Andi mencontohkan, meski anggota Satpol PP terbatas, namun dengan semangat dan niat yang tulus dari para anggota, penertiban pelanggar perda bisa dijalankan, bukan hanya siang dan sore hari, penertiban dilakukan juga pada malam hari. Hasilnya ruas jalan Siliwangi, Kartini dan Wahidin sudah bersih dengan PKL. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.