Header Ads


Sanggar Lingkungan Hidup Desa Kreyo Selamatkan Generasi Masa Depan

Kab. Cirebon (89,2 CR) - Cecep Supriyatna Founder Sanggar Lingkungan Hidup rela meluangkan waktu untuk menyadarkan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sekitar. Sampai saat ini ia terus berkeliling kampung se-Ciayumajakuning untuk mengedukasi masyarakat. Sanggar itu berlokasi di Desa Kreyo, Kecamatan Klangenan.

Dari tahun 2010 Cecep aktif sebagai relawan lingukungan hidup. Sebelum ada sanggar itu, ia sempat mengajak teman-temannya di Indramayu selama tiga bulan, mereka door to door untuk mengajak masyarakat agar peduli lingkungan. Ia juga sempat menjadi guru honorer selama lima tahun.

Pada saat menjadi guru honorer, ia memutuskan untuk menempuh pendidikan di Cirebon. Namun yang dialami dirinya tidak sesuai yang diharapkan dalam pembelajarannya. Ia berfikir bahwa belajar itu bisa dimana saja, apalagi di dunia lingkungan.

Lanjutnya, permasalahan lingkungan sebenarnya ada di masyarakatnya sendiri, baik berpendidikan tinggi maupun rendah. Namun mereka tidak terdidik dalam hal menjaga lingkungan. Untuk itu, Sanggar Lingkungan Hidup yang berdiri pada 2013 itu fokus terhadap Edukasi, Mobilesasi, Advokasi, dan Asistensi.

"Cuman karena saya berprinsip dari dulu, kita anak muda harus melakukan sesuatu terhadap perubahan, karena saya hidup di desa yang mengalami permasalahan lingkungan. Dan akhir-akhir ini banyak sekali sampah," tutur Cecep saat diwawancara di salah satu Caffe, Jumat (11/01/19).

Sampai saat ini, Cecep masih memperjuangkan lingkungan dengan terus mengedukasi seluruh lapisan masyarakat maupun pejabat-pejabat yang duduk di suatu instansi. Tak jarang juga dirinya di undang untuk mengisi acara-acara yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Ia berharap, dengan gerakan menjaga lingkungan, generasi masa depan akan terselamatkan. Sebab pada saat ini, sudah sangat darurat pencemaran lingkungan, sehingga butuh untuk pemulihan terhadap lingkungan. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.