Header Ads


RKB Cirebon Adakan Pelatihan Branding Untuk Pelaku UKM / UMKM

Kota Cirebon (89,2 CR) - Rumah Kreatif BUMN (RKB) Cirebon adakan pelatihan Branding sebagai identitas produk, Kamis (10/1/19) di Jalan Cipto Mangunkusumo. Pelatihan ini agar pelaku UKM/UMKM memahami dan mengetahui tata cara membuat Brand produk yang dimiliki sehingga dikenal lebih luas. 
Dalam pelatihan Branding ini, RKB mendatangkan pemateri dari Konsultan Kementerian Koperasi dan UKM/UMKM. Puluhan pelaku UKM antusias mengikuti pelatihan yang dipaparkan oleh pemateri.

Konsultan Kementerian Koperasi dan UMKM Samsi mengatakan, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengerti perbedaan antara kemasan, merk, dan brand. Hal ini yang menjadi pemahaman utama bagi pelaku UMKM. Kerena menurutnya Brand itu lebih erat kaitannya dengan kepribadian pemilik produk. Sedangkan merk itu hanya melekat pada kemasan saja. 


"Jadi saya sering bilang kalau Branding itu, Brandingnya baik tapi perilaku pemiliknya tidak baik maka Brandingnya akan hancur. Jadi kalo Branding itu, kalau produknya baik, ya perilakunya harus baik," tutur Samsi saat diwawancara usai mengisi materi.

Ia menambahkan, hal penting juga yang harus dipahami agar pelaku UMKM tidak hanya fokus membuat prodak saja jika sudah memiliki Brand yang sudah terkenal. Akan tetapi perilaku pun perlu dijaga, supaya brand dan pemilik prodak dikenal baik oleh konsumen maupun masyarakat.

Sementara itu, Nunung Nurlaela selaku pendamping Pelaku UMKM RKB mengatakan, masih sedikit anggota RKB yang sudah mempunyai Brand atau identitas produk. Namun ia dan tim RKB akan memaksimalkan produk UMKM agar dikenal lebih luas melalui Branding, meskipun hal itu tidak mudah. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.