Header Ads


Rafaela Yohanda Yulia Yapari Ingin Satukan Perbedaan di Kota Cirebon

Kota Cirebon (89,2 CR) - Pelajar SMA yang mempunyai nama Rafaela  Yohanda Yulia Yapari, atau yang kerap disapa Rafaela ini rela menghabiskan sebagian besar waktunya di komunitas Pemuda Lintas Agama (Pelita). Tercatat, ia menjadi anggota termuda di organisasi tersebut.

Remaja yang masih duduk di kelas 10, di SMA Santa Maria 1 Kota Cirebon ini, memiliki pemikiran yang sangat fleksibel, meski usianya baru menginjak 16 tahun. Hal itu terlihat saat dirinya mengambil keputusan. Di dalam benaknya, ia selalu berfikir, mengapa banyak orang yang tinggal di Kota Cirebon tidak memiliki sikap yang menurutnya tidak mencerminkan kotanya sebagai kota wali.

Berangkat dari kegelisahan tersebut, Rafaela yang telah menjadi Agen Perdamaian di Kota Cirebon ini, memutuskan bergabung bersama teman-temannya di Pelita. Di komunitas tersebut, kepribadian dan konsep-konsep cemerlangnya disalurkan. Ia yang sudah menjadi Agen Perdamaian itu, mencoba menyampaikan pesan-pesan toleransi keberagaman ke sesama pelajar.

"Saya pengen terus menyampaikan sikap-sikap yang baik sama orang, ya walaupun saya di sini bukan mayoritas masyarakat yang ada di Kota Cirebon, tapi pesan-pesan toleransi ini sangat penting untuk menghargai perbedaan yang ada," tutur Rafaela saat diwawancara media, Jumat (11/01/19)

Menurutnya, alangkah lebih baik, jika menyebar luaskan pesan kebaikan ke teman se usianya. Dirinya sendiri sering mengalami tindakan diskriminasi, karena menganut Agama Katolik. Ia tak ingin, hal serupa terjadi juga kepada orang lain. Didalam Pelita, ia sering mengkampanyekan gerakan anti diskriminasi agama. Terakhir, ia dan teman-temannya telah melakukan deklarasi perdamaian.

Di dalam gereja sendiri, ia aktif menjadi anggota Orang Muda Katolik (OMK). Sedangkan dilingkungan pendidikan, ia tergabung dalam Forum OSIS Kota Cirebon,  meskipun dirinya tidak ikut keanggotaan OSIS di sekolahnya. Kini ia sendiri sudah merancang satu event besar, bernama Discovery Caruban Nagari. Ia sendiri yang mengkonsep acara tersebut. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.