Header Ads


Kimrum Kabupaten Cirebon Bagikan Motor Bak Sampah Untuk Desa Kumuh

Kab Cirebon (89,2 CR) - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan kendaraan tiga roda pengangkut sampah untuk 10 Desa di Kabupaten Cirebon pada Rabu (9/1/19). Kendaraan ini bagian dari program Kotaku tahun 2018 yang fokus kepada penataan desa kumuh. 

Kepala DPKPP Kabupaten Cirebon, Sukma Nugraha  total anggaran untuk program ini sebesar Rp 10,5 Milyar. Setiap desa dan Kelurahan mendapat bantuan anggaran yang bervariasi,mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 2 Milyar. Dari total anggaran yang diterima oleh 10 desa itu, seluruhnya terserap hingga 100 persen kecuali desa Setu Kulon. 

"Kendaraan roda tiga ini sebenarnya hanya simbolis, sebelumnya 10 desa kumuh di Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat melalui DPKPP. Anggaran yang dikucurkan bervariatif dan alhamdulillah hasil laporan terserap dengan maksimal," kata Agas nama akrabnya. 

Desa yang mendapatkan anggaran dari program Kotaku antara lain, desa Jatiseeng sebesar Rp 1 Milyar, desa Ambulu 2 Milyar, desa Belawa 1,5 Milyar, desa Kanci Kulon 1 Milyar, Kelurahan Sumber 500 juta, desa Setu Kulon 1 Milyar, desa Semplo 500 juta, desa Danamulya 1 Milyar, desa Astana 1 Milyar, dan desa Jungjang 1 Milyar. 

"Hanya desa Setu Kulon penyerapannya 70 persen, tapi desa yang lain penyerapannya maksimal," tambah dia. 

Program Kotaku fokus kepada kegiatan 100-0-100 atau kebutuhan air minum yang layak bagi masyarakat terpenuhi 100 persen, zero kawasan kumuh dan 100 persen pembangunan sanitasi. Sedangkan untuk motor roda tiga akan digunakan masyarakat mengangkut sampah yang ada di masyarakat untuk di buang ke TPS. Kendaraan bermanfaat mengangkut sampah di masyarakat yang sulit terjangkau. 

"Motor roda tiga ini untuk mengangkut sampah di masyarakat yang sulit terjangkau, kalau fokus lainnya jelas kebutuhan air minum dan sanitasi," pungkasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.