Header Ads


Hari Dharma Samudra, Lanal Cirebon Gelar Bersih - Bersih

Kota Cirebon (89,2 CR) - Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon bersih - bersih sungai Kriyan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (11/1/19). Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Dharma Samudra. Selain itu guna menjaga kebersihan sungai yang ada di Kota Cirebon. 

Pasintel Lanal Cirebon Kapten Laut (S) Arfin Trimedianto menjelaskan,  Dharma Samudra adalah pertempuran laut yang terjadi di Indonesia. Diperairan Cirebon juga terjadi pertemuran laut dengan komandan Kapten Samadikun berperang melawan belanda. 

"Di Dharma Samudra ini peringatan pertempuran di laut Indonesia. Di Cirebon juga terjadi pertemuran antara Kapten Samadikun dengan KRI Gajah Mada 408 melawan penjajah," jelasnya kepada awak media, Jumat (11/1/19).

Oleh sebab itu lanjut Arifin, Lanal Cirebon memperingatinya dengan membersihkan sungai Kriyan sekaligus pemeliharaan lokasi yang pernah dibersihkan sebelumnya. Di sungai Kriyan juga pada jaman dulu merupakan gerbang perekonomian di tanah Cirebon. 

"Dulu lawang sanga itu terkenal sebagai gerbang perekonomian, jadi sungai Kriyan ini perairan Cirebon bukan hanya memiliki sejarah pertempuran tapi memiliki masa kejayaan," imbuhnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Abdullah Syukur menyebutkan, dalam kegiatan ini didukung oleh Forum Pedul Caruban, FKPPI, Laskar Macan Ali, dan pihak lainnya. Selain bersih - bersih kegiatan ini juga diisi dengan penanaman pohon kurma. 

"Kami libatkan semuanya agar saling peduli dan menjaga sungai Kriyan ini. Kami juga tanam pohon untuk mencegah abrasi di sungai yang memiliki sejarah panjang ini," pungkasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.