Header Ads


Sejumlah Situs Cagar Budaya Kota Cirebon Terbengkalai

Kota Cirebon (89,2 CR) - Wilayah Kota Cirebon merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali situs budaya dan sejarah, baik yang sudah di kelola maupun belum dikelola. Akan tetapi masih banyak yang belum ditetapkan sebagai cagar budaya. 

Pelaku Pariwisata sekaligus Pemerhati Budaya dan Sejarah Jajat Sudrajat mengatakan, situs-situs yang ada di Kota Cirebon, yang sudah terdaftar sebagai cagar budaya, baik itu melalui SK Wali Kota maupun berdasarkan cagar budaya hanya terdapat 78 situs saja. Padahal, situs-situs di Kota Cirebon sekitar 130. 

Ia menambahkan, hal tersebut bukan berarti pemerintah tidak peduli terhadap situs-situs itu. Akan tetapi, letika situs tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya dan dilindungi oleh undang-undang, maka harus ada anggaran seperti, biaya pemeliharaan, juru pemelihara, dan lain-lain.

"Harus ada anggarannya. Sementara anggaran pariwisata dan kebudayaan di kota Cirebon ya mohon maaf, sebetulnya masih jauh dari kebutuhan. Banyak situs-situs yang terbengkalai," tutur Jajat saat diwawancara di Goa Sunyaragi, Rabu (09/01/19)

Jajat mencontohkan situs-situs seperti Situs Batu Peti di Majasem, Situs Gua Dini di Karyamulya, dan lain-lain, adalah situs yang sampai saat ini masih terbengkalai dan belum ada pengelolaan. Padahal, situs-situs tersebut merupakan situs peninggalan sejarah yang memiliki nilai edukasi.

Lanjutnya, ini merupakan tugas pemerintah untuk memikirkan bagaimana caranya situs-situs yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, agar bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Cirebon  Kota Cirebon sebagai destinasi wisata. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.