Header Ads


Beberapa Komoditas Pangan Alami Kenaikan di Pasar Jagasatru

Kota Cirebon (89,2 CR) - Memasuki musim penghujan harga beberapa komoditas seperti sayur-mayur dan bumbu-bumbu dapur meroket. Salah satunya yang terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon.

Salah seorang pedagang, Samud mengatakan, kenaikan Komoditas bumbu yakni bawang merah yang berkisar di angka Rp 18 ribu hingga Rp. 20 ribu, yang biasanya hanya Rp. 13 ribu hingga 15 ribu perkilogram. Kenaikan tersebut sudah setengah bulan yang lalu. 

"Kalau sekarang yang lagi naik bawang merah, ada yang 18 ribu ada yang 20 ribu. Biasanya bawang merah 15 ribu kadang ya 13 ribu. Kenaikan udah setengah sekitar setengah bulanan lah," tutur Samud saat diwawancara, Kamis (10/1/19). 

Hal yang sama dialami oleh Dedi pedagang sayuran, menurutnya, sayur sawi hijau atau sesin naik. Yang tadinya Rp. 2000-3000, sekarang Rp. 5000 perkilogram. Sedangkan daun bawang di musim hujan juga alami kenaikan menjadi Rp. 12 ribu yang biasanya hanya Rp. 6000 perkilogram.

Kenaikan beberapa komoditas rupanya dikeluhkan oleh konsumen. Eti salah satu konsumen mengaku kenaikan harga bumbu dapur berdampak terhadap pendapatan, sebab ia berjualan nasi uduk. Harapannya ada pasar murah dengan adanya kenaikan harga beberapa komoditas. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.