Header Ads


Bawaslu Kabupaten Cirebon Gelar Sidang Caleg DPR RI Insial D

Kab Cirebon (89,2 CR) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menggelar sidang perdana atas dugaan pelanggaran administratif oleh salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari partai Golkar berninisial D. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon Abdul Khoir menjelaskan, pelanggaran administratif yakni pelanggaran yang dilakukan karena tidak mengikuti tata cara dan prosedur yang sudah di atur dalam peraturan. Sidang caleg tersebut memutuskan dua poin yaitu diterima dan dilanjutkan dengan pemeriksaan. 

"Bedasarkan hasil sidang nomor registrasi 01/ADM/BWSL/PEMILU/1316/1/2019 diterima dan dilanjutkan ke sidang pemeriksaan, " kata Abdul Khoir ke sejumlah awak media, Rabu (9/1/19). 

Abdul Khoir memberi contoh, caleg wajib melaporkan kepada pihak yang berwajib diantaranya Kepolisian, TNI KPU dan Bawaslu saat ada agenda turun ke masyarakat. Jika terbukti tidak melapor maka akan dianggap melanggar administratif. 

Namun demikian pihaknya belum bisa menyebutkan sangsi apa yang dikenakan oleh caleg yang melanggar administratif , yang pasti Bawaslu akan memberikan sangsi sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. 

"Mengenai sangsinya sesuai dengan aturan, kami belum bisa berikan kepastian karena sidang masih berjalan. Akan ada lima kali sidang lagi untuk bisa memutuskan," pungkasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.