Header Ads


Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah Di Kabupaten Cirebon

Kab Cirebon (89,2 CR) - Puluhan hektare sawah di wilayah utara dan barat Kabupaten Cirebon terendam banjir. Lahan yang terendam merupakan sawah yang tengah dalam persemaian dan tengah masa tanam. Para petani yang ikut asuransi mendapatkan klaim sesuai dengan kerugian yang dideritanya.  

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Efendi menjelaskan, total ada 81 hektare sawah dalam masa tanam dan 33 persemaian. Sawah yang terendam di Kecamatan Jamblang. Namun yang paling parah di Kecamatan Suranenggala. 

"Wilayahnya ada di Bakung, Suranenggala dan Kapetakan. Ada yang masih persemaian ada juga yang sudah tanam. Memang hujan besar pada pekan lalu menyebabkan sawah terendam banjir," ungkap Ali di ruang kerjanya, Selasa (8/1/19). 

Ali menerangkan, lahan pertanian yang terendam banjir tidak berpengaruh dengan produksi partanian, hanya berpengaruh pada masa tanam akan mundur setengah bulan, oleh sebab itu di wilayah yang terkena banjir setelah panen langsung tanam kembali. 

"Kalau produksi pertanian tidak terganggu hanya masa tanam terpaksa mundur beberapa hari karena terendam banjir," tambah dia. 

Sebagian besar petani di wilayah Kecamatan Suranenggala mendapatkan sudah ikut program asuransi yang dicanangkan pemerintah. Bagi petani yang sawahnya sudah di tanam kemudian terkena banjir maka bisa di klaim dengan nilai 6 juta untuk satu hektare. 

Untuk antisipasi hal serupa terjadi pihaknya akan bekerjasama dengan BBWS guna normalisasi sungai di seluruh wilayah pertanian Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan agar area pesawahan di Kabupaten Cirebon tidak kembali terkena banjir di musim hujan ini. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.