Header Ads


DPPKP Kota Cirebon Bidang Kelautan : Kartu Kusuka Punya Manfaat Lebih Ketimbang Kartu Nelayan

Kota Cirebon (89,2 CR) - Program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berupa kartu nelayan kini sudah berubah menjadi  Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan atau kartu Kusuka sejak tahun 2017. Dalam hal ini, Kota Cirebon masih dalam proses menginput data para nelayan yang mendaftar kartu Kusuka melalui Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon di Bidang Kelautan.

Kepala Bidang Kelautan Erythrina mengatakan, kartu Kusuka tersebut diperuntukkan bagi nelayan pelaku utama, seperti nelayan pengolah ikan, pemasaran hasil perikanan serta distributor ikan. Hal itu harus tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai profesi.

"Yang pertama tentunya sesuai dengan data dari kelurahan, dia itu KTP nya ya sudah berprofesi sebagai, sebenarnya bukan nelayan saja, kartu Kusuka itu bisa nelayan, pengolah, pemasaran hasil perikanan, semuanya termasuk juga distributor atau suplayer," jelas Ery saat diwawancara CR di ruangannya, Kamis (01/11/18).

Ia menambahkan, manfaat kartu Kusuka lebih banyak ketimbang kartu nelayan, seperti Asuransi, pengajuan bantuan pada saat ada bantuan dari KKP, terdata di KKP, bantuan permodalan dan lainnya.

Sementara itu, Penyuluh  Perikanan Pusat Nanang Samsu mengatakan, Kartu Kusuka merupakan one data yang dicetuskan oleh Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Pasalnya sebelum diluncurkannya kartu Kusuka, ada kartu lainnya untuk menunjang nelayan seperti kartu nelayan, kartu pembudidaya, kartu plokatsar dan kartu lainnya.

Lanjut Nanang, pada tahun 2017 ditargetkan untuk mengupdate 125 data para pendaftar kartu Kusuka. Namun kendala untuk mengupdate data agar divalidasi salah satunya adalah nomor telepon. Sebab masih ada saja nelayan yang belum mempunyai nomor telepon. [Nla]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.