Header Ads


BPN Kota Cirebon Akui Aset PT. KAI Belum Disertifikat

Kota Cirebon (89,2 CR) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cirebon mengaku, ground card milik PT KAI Daop 3 Cirebon belum seluruhnya berbentuk sertifikat. Oleh sebab itu BPN tidak bisa enjelaskan, aset milik PT KAI di Kota Cirebon.

Dwi Rinto Kasubsi Pengendalian BPN Kota Cirebon mengatakan, ground card atau peta aset yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan sertifikat adalah kepemilikan yang sah dari bidang tanah atau rumah baik instansi atau perorangan. Sejauh ini data di BPN ground card milik PT KAI belum dibuat sertifikat.

" Data di kami belum seluruhnya, hanya sebagian. Kalau ground card itu milik PT KAI, kalau data kami ya dalam bentuk sertifikat, " ungkapnya usai rapat dengan warga, Selasa
(25/9/18).

Dwi Rinto mengaku tidak bisa memberikan informasi lebih detail ketika ada instansi pemerintah yang ingin mengetahui lebih dalam aset milik PT KAI. Pihaknya hanya akan menunjukan aset PT KAI yang sudah di sertifikat. 

"Kalau ada yang tanya soal aset KAI, kami hanya jelaskan yang sudah di sertifikat, kalau belum ya kami jawab seadanya," imbuh dia.

Sementara itu ketua komisi 1 DPRD Kota Cirebon Handarujati Kalamullah menganggap ground card yang dimiliki PT KAI bukan kepemilikan yang sah. Dengan dilakukan pengosongan rumah tanpa dasar sertifikat dianggap ilegal dan melawan hukum.

"Ground card jangan jadi dasar pengosongan, harusnya PT KAI menunjukan sertifikat baru dilakukan pengosongan, " tandasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.