» » KPU Kota Cirebon Prediksi Ada 8 Paslon Bacawalkot

Kota Cirebon (89,2 CR) - Pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, KPU Kota Cirebon memprediksi akan ada 8 pasang bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diantara jumlah itu akan ada 5 pasang calon berasal dari partai dan 3 pasang berasal dari jalur independent atau perorangan, demikian dikatakan ketua KPU Kota Cirebon Emrizal Hamdani siang tadi, Jum'at (17/2/17). 

" Kalau Pilkada serentak yang akan berlangsung tahun depan, di Kota Cirebon maksimal ada 8 paslon Wali Kota, yang pasti dari partai dan perorangan, " ungkapnya. 

Dikatakan Emrizal, syarat partai mencalonkan pasangan calon wali kota harus berjumlah 10 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Cirebon, artinya harus ada 7 kursi untuk bisa mencalonkan. Dirinya mencontohkan, di Gedung dewan hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berjumlah 7 kursi, maka PDIP bisa mencalonkan pasangannya tanpa harus berkoalisi. 

Lebih lanjut Emrizal menjelaskan, sedangkan untuk yang lainnya harus koalisi partai agar berjumlah kursi 7 atau lebih. Sementara untuk jalur perorangan harus bisa mengumpulkan ktp sebanyak 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah DPT terakhir saat pilpres sebanyak dengan 230 ribuan. 

" Kalau di Kota Cirebon ini unik, jumlah anggota dewannya pas sekali memenuhi syarat, dan untuk independent harus mengikuti aturan yang sudah ada karena itu syarat di jalur perorangan, " tambahnya. 

Prediksi yang disampaikan ini tidak menutup kemungkinan akan berubah, melihat situasi politik di Kota Cirebon. Sedangkan pilkada serentak di kota Cirebon pada tahun 2018 diprediksi akan berlangsung pada bulan ramadhan.

About CIREBON RADIO

Terimakasih telah berkunjung di Cirebon Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: