» » Elektronik Warung Gotong Royong Minim Sosialisasi


Kota Cirebon (89,2 CR) - Sejak diresmikan oleh Kementrian Sosial (Kemensos) beberapa bulan lalu, hingga saat ini Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) yang bertempat di RT 04 RW 04 Kesambi Dalam Kelurahan Drajat belum pernah dioperasikan dan belum ada aktifitas jual-beli dari para penerima bantuan. Hal ini disebabkan belum adanya rencana tindak lanjut dari pusat terkait teknis yang akan dijalankan dengan program baru yang terkesan dadakan tersebut.


Belum adanya sosialisasi kepada masyarakat peneriman bantuan pun turut dipertanyakan warga. Ketua RW 04 Kesambi Dalam, Sukamto mengaku dirinya selaku pejabat di wilayah didirikannya warung elektronik tersebut belum mengetahui apa sebenarnya tujuan dari program E-Warong.

"Meskipun warungnya ada di RW 04, kami tidak diajak koordinasi saat akan membangunnya. Sampai sekarang pun tidak ada komunikasi dari dinas terkait," ungkap Sukamto, Jum'at (17/2/17)

Bahkan dirinya mengaku kebingungan karena banyak warganya yang mempertanyakan apa dan kemana arah dari warung yang dicat merah putih di lingkungannya.

"Ada RT nanya pun ya saya gak bisa jawab, apa yang harus dijelaskan, malah seakan kita dari pihak RW disalahkan karena tidak bisa menjelaskan kepada warga," lanjut Sukamto.

Menurutnya, secara ideal program apapun yang dilakukan, baik dari daerah maupun dari pusat itu melakukan koordinasi dengan pejabat setempat, minimal RT/RW agar jika ada suatu hal yang dipertanyakan masyarakat pihaknya bisa memberikan klarifikasi.

Dia meminta kepada dinas terkait untuk segera memberikan pnjelasan kepada masyarakat, terutama para penerima bantuan agar mereka tidak kebingungan dengan program baru yang digadang-gadang menjadi satu-satunya pintu semua bentuk bantuan sosial tersebut.

"Harusnya kan program apapun dimulai dengan koordinasi dari bawah, berikan sosialisasi dulu kepada masyarakat agar tidak kebingungan, ini kan sudah hampir dua bulan tidak pernah buka warungnya," katanya.

Sementara itu, terkait kelanjutan E-Warong Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Jamaludin S Sos mengaku pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pusat.

"Kita masih menunggu petunjuk dari pusat, sosialisasi pasti kita lakukan, tapi kita tidak berani bergerak sebelum ada konfirmasi dari pusat," ungkap 
Jamaludin

About CIREBON RADIO

Terimakasih telah berkunjung di Cirebon Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: