Header Ads


Kirab budaya sebagai momentum pengingat kembali terhadap amanat kanjeng Sunan Syekh Syarif Hidayatullah


KOTA CIREBON (89,2 CR) - Keraton Kasepuhan Cirebon mengggelar kegiatan Kirab Budaya, Doa Bersama, dan Ikrar Pancasila di lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon , Sabtu siang (23/3).

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga Cirebon tersebut merupakan realisasi dari amanat Sunan Gunung Jati, Syekh Syarif Hidayatullah dan amanat Pancasila.

Kirab budaya ini, dihadiri sejumlah tokoh Masyarakat Cirebon serta keraton lainnya dari Keraton Kanoman, Kacirebonan dan Keraton Kaprabonan serta juga dihadiri ratusan pengunjung asal wilayah III Cirebon menampilkan berbagai macam kesenian tradisi, di antaranya tari-tarian, dan beberapa penampilan seni tradisi lainnya. 

Sultan Sepuh XIV, Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat menyampaikan, kirab budaya sebagai momentum pengingat kembali terhadap amanat kanjeng Sunan Syekh Syarif Hidayatullah, alias, Sunan Gunung Jati Cirebon.

Beliau senantiasa mengingatkan warga Cirebon dengan amanat "Ingsun Titip Tajuk Lan Fakir Miskin".

"Tajuk bermakna Moral, dan Fakir Miskin bermakna sosial kemasyarakatan dan kebangsan. Tiap individu wajib menjalankan dan menjaga moral diri sendiri dan lingkungannya, dan juga menjaga kondisi sosial kemasyarakatn bangsanya. Hal tersebut pula yang terkandung dalam amanat Pancasila," katanya di usai kegiatan tersebut.

"Kami berusaha akan mengagendakan kegiatan ini rutin satu tahun sekali. Semoga tidak ada kendala, dan bahkan kegiatan selanjutnya lebih meriah ketimbang hari ini," harapnya.(Jums-CR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.