Header Ads


Pedati Gede Pekalangan Bukti Sejarah

KOTA CIREBON (89,2 CR ) - Pedati Gede Pekalangan yang situsnya berada di Kampung Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menjadi bukti sejarah penyebaran agama Islam di Cirebon dan sepanjang jalur pantai utara. Sejak Kesultanan Cirebon berdiri banyak ulama menyebarkan ajaran dengan berbagai media atau cara agar ajaran itu bisa cepat diterima masyarakat.

Pedati Gede ini merupakan peninggalan Pangeran Cakrabuana, putra Prabu Siliwangi Padjajaran, uwanya Sunan Gunung Jati. Pedati Gede ini digunakan Cakrabuana untuk sarana angkut bahan material pembuatan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Keraton Cirebon pada 1381 Masehi.

Kondisi Pedati Gede masih terawat dengan baik , dan perawatan tersebut berkat Juru Kuncen yang selalu setia menjaga Pedati Gede , Ibu Taryi adalah turunan Juru Kunci yang dipercaya oleh Pihak Keraton kasepuhan untuk menjaga dan merawat pedati gede tersebut.


Dalam Kunjungan wisatawan ke Pedati Gede cukup lumayan menurut Ibu Taryi jumlah wisatawan yang mengunjungi Pedati gede terus meningkat dari bulan Maret 2012 jumlah wisatawan mencapai 335 orang wisatawan dari berbagai kota yang ada di Indonesia serta dari Mancanegara.

Taryi berpesan kepada masyarakat Kota Cirebon, khususnya warga Pekalangan agar dapat menjaga, merawat, dan melestarikan Pedati Gede peninggalan Pangeran Cakrabuana. Bagaimanapun, Pedati Gede ini merupakan peninggalan sejarah penting sebagai bagian awal keperintisan Islam di wilayah Cirebon, pantura, dan Jawa Barat. (Jums-CR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.